Sofia Martini, 2203029 (2025) Rancang Bangun Media Learnkid Pada Materi IPA Kelas V Di MI Pasirpogor 1. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (197kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Minimnya pemanfaatan media pembelajaran digital masih menjadi tantangan utama dalam proses pembelajaran IPA di MI Pasirpogor 1. Wali kelas cenderung menggunakan metode konvensional, sehingga berdampak pada rendahnya minat, kuriositas, dan pemahaman siswa terhadap materi, seperti penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Android bernama LearnKID guna mendorong minat dan kuriositas siswa terhadap pembelajaran, memfasilitasi pemahaman materi, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Pengembangan media ini didasarkan pada Cognitive Theory of Multimedia Learning yang dikemukakan oleh Mayer, yang menekankan pentingnya integrasi elemen visual dan verbal secara simultan untuk mengoptimalkan proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design and Development dengan menggunakan model ADDIE. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang pakar sebagai informan, yaitu pakar materi, pakar bahasa, dan pakar media, serta 18 siswa dan wali kelas V sebagai responden. Teknik pengumpulan dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan. Hal ini didasarkan pada penilaian para pakar, dengan persentase kelayakan sebesar 100% pada aspek materi, 90% pada aspek bahasa, dan 95% pada aspek media. Sementara itu, rekapitulasi penilaian media LearnKID dari siswa menunjukkan persentase sebesar 82,6%, dan dari wali kelas sebesar 90%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media LearnKID berbasis aplikasi Android diterima dengan sangat positif dan berpotensi menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Media Digital, LearnKID, IPA |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Sofia Martini |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:06 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:06 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1470 |

