Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Saira Lutfiah Ramadhani, 2203009 (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Isalam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (126kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika siswa kelas 3 MI Muslimin Mande, terutama dalam menyelesaikan soal terkait bilangan bulat. Nilai rata-rata siswa belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita dan menentukan langkah penyelesaian yang tepat. Untuk mengatasi hal ini, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang diyakini mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Menurut teori Polya, proses pemecahan masalah melibatkan empat tahap, yaitu memahami masalah, merancang strategi penyelesaian, menjalankan rencana, dan memeriksa kembali hasil. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen serta desain Nonequivalent Control Group. Kelas 3A dijadikan kelompok eksperimen, sedangkan kelas 3B sebagai kelompok kontrol. Hasil menunjukkan adanya peningkatan nilai di kelas eksperimen dari 49,46 menjadi 81,14 dengan nilai N-Gain 0,62 berada pada kategori sedang, dan di kelas kontrol dari 48,60 menjadi 69,20 dengan nilai N-Gain 0,39 berada pada kategori rendah. Uji Mann-Whitney mengindikasikan perbedaan signifikan, sehingga model PBL dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: PBL, Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saira Lutfiah Ramadhani
Date Deposited: 27 Oct 2025 09:24
Last Modified: 27 Oct 2025 09:24
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item
View Item