Efektivitas Penggunaan Media Animasi Diva Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini

Ai Sri Masfuroh, 2202005 (2025) Efektivitas Penggunaan Media Animasi Diva Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak usia dini dalam mengenal huruf hijaiyah akibat penggunaan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi Diva dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak usia 4–5 tahun di Kober Assyafi’iyah yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media animasi Diva dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan mengenal huruf hijaiyah setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, penggunaan media animasi Diva terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini. Media ini mampu menarik perhatian anak, meningkatkan minat belajar, serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini merekomendasikan media animasi Diva sebagai alternatif media pembelajaran huruf hijaiyah yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Efektivitas Pembelajaran, Media Animasi Diva, Huruf Hijaiyah.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ai Sri Masfuroh
Date Deposited: 25 Oct 2025 09:00
Last Modified: 25 Oct 2025 09:00
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item
View Item