Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai Sosial Emosional Untuk Meminimalisir Bullying Di SMP Plus YPP Darussurur

Azizah Nurjanah, 2101005 (2025) Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai Sosial Emosional Untuk Meminimalisir Bullying Di SMP Plus YPP Darussurur. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (217kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus bullying di lingkungan pendidikan yang mendorong perlunya penanaman nilai sosial emosional sebagai salah satu solusi preventif yang dapat dilakukan oleh guru PAI. Bullying dapat berdampak terhadap proses pembentukan karakter dan hubungan sosial siswa. Ditengah maraknya fenomena tersebut, SMP Plus YPP Darusurur menunjukkan intensitas bullying yang rendah, namun tetap memerlukan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru PAI dalam menanamkan nilai sosial emosional untuk meminimalisir bullying, mendeskripsikan implementasi peran tersebut di sekolah, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi proses penanaman nilai tersebut. Guna mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI berperan sebagai pendidik, pembimbing, teladan, dan motivator. Implementasi nilai sosial emosional dilakukan melalui integrasi dalam pembelajaran PAI, strategi humanis dan keteladanan dalam interaksi sehari-hari, penanaman nilai melalui program keagamaan dan ekstrakulikuler, penanganan kasus bullying melalui pendekatan edukatif, peran kolaboratif dan dukungan lingkungan sekolah. Faktor pendukungnya adalah lingkungan sekolah yang religius dan berbudaya positif, sikap sosial siswa yang responsif terhadap nilai moral, dan kerjasama seluruh stakeholder sekolah. Adapun faktor penghambatnya adalah latar belakang dan pola asuh keluarga, lingkungan pertemanan dan masyarakat, serta pengaruh negatif media sosial. Dari temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif melalui pendekatan sosial emosional, penanaman nilai ini efektif membentuk karakter siswa yang empatik, toleran, dan bertanggung jawab sehingga dapat meminimalisir bullying di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Guru PAI, Nilai Sosial Emosional, Perilaku Bullying
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AZIZAH NURJANAH
Date Deposited: 22 Oct 2025 05:11
Last Modified: 22 Oct 2025 05:11
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item
View Item