Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Perilaku Bullying Verbal Siswa (Metode eksplanasi research pada siswa kelas VII dan VIII di MTs Az-Zahra Selacau)

Sabrina Yasmin, 2101046 (2025) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Perilaku Bullying Verbal Siswa (Metode eksplanasi research pada siswa kelas VII dan VIII di MTs Az-Zahra Selacau). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bullying masih menjadi isu sosial yang cukup marak diperbincangkan dengan bullying verbal sebagai bentuk bullying yang paling umum terjadi, khususnya di lingkungan sekolah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya bullying verbal adalah kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan seseorang dalam memahami, berempati, dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam pandangan Islam, kemampuan ini merupakan bagian dari akhlak terpuji, yaitu perilaku yang mencerminkan kesadaran untuk berbuat baik, menghormati sesama, dan menjaga lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal, bullying verbal, dan besaran pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap perilaku bullying verbal siswa kelas VII dan VIII MTs Az-Zahra Selacau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang mengacu pada teori kecerdasan interpersonal dari Daniel Goleman dan bentuk bullying verbal dari Barbara Coloroso. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku bullying verbal siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Rank Spearman sebesar -0.445 dengan sig 0.001 < 0.05 dan nilai Nagelkerke sebesar 19.8% sedangkan 80.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai sig 0.001 < 0.05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal terhadap perilaku bullying verbal siswa. Setiap kenaikan satu skor kecerdasan interpersonal menurunkan kemungkinan bullying verbal naik ke kategori yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Bullying Verbal, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sabrina Yasmin
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:48
Last Modified: 20 Oct 2025 02:48
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item
View Item