Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Siswa (Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji di MTs Negeri 1 KBB)

Tri Rahmatul Azizah, 2101041 (2025) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Siswa (Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji di MTs Negeri 1 KBB). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Fiqih, khususnya materi Haji, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang cenderung satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman siswa serta membandingkan efektivitasnya dengan metode konvensional. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) didasarkan pada teori konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan CTL dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji regresi sederhana, uji paired sample t-test, uji N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Selain itu, berdasarkan analisis N-Gain dan uji independent t-test, pendekatan CTL terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Sebagian besar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman dalam kategori efektif dan cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebagian kecil yang mencapai kategori tersebut. Dengan demikian, pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang mampu menciptakan pengalaman belajar bermakna serta meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Siswa, Pembelajaran Fiqih, Materi Haji
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Rahmatul Azizah
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:16
Last Modified: 13 Oct 2025 02:16
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item
View Item