Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa (Studi quasi eksperiment pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela Riya dan Nifaq kelas VII di MTs Nurul Falah)

Risti Nurhamidah, 2101033 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa (Studi quasi eksperiment pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela Riya dan Nifaq kelas VII di MTs Nurul Falah). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, khususnya materi Akhlak Tercela (Riya dan Nifaq) di kelas VII MTs Nurul Falah. Latar belakang dari penelitian ini adalah pembelajaran yang masih bersifat tradisional, yaitu hanya dengan metode menulis dan menjelaskan, yang menyebabkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman berupa pre-test dan post-test, serta angket respon siswa. Hasil Penggunaan media kahoot berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansinya yaitu 0.000 < 0.05 dapat diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran kahoot terhadap pemahaman siswa kelas VII di MTs Nurul Falah ada mata pelajaran Akidah akhlak dengan materi Akhlak Tercela (Nifaq dan Riya). Dan hasil analisis N-Gain menunjukan bahwa peningkatan kelas eksperimen yang berada pada kategori Efektif dan Cukup Efektif mencapai 62,5% sedangkan untuk kelas kontrol dengan kategori Efektif dan Cukup efektif hanya 25%, jauh berbeda 2 kali lipat dibandingkan dengan kelas eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa media kahoot dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela Riya dan Nifaq di MTs Nurul Falah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Akidah Akhlak, Kahoot, Pemahaman siswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risti Nurhamidah
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:57
Last Modified: 08 Oct 2025 06:57
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item
View Item