Listia Napisa, A1801016 (2022) Penerapan Metode Hanifida Untuk Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Syarif Hidayatulloh. S1 Skripsi, Sekolah Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
![[thumbnail of (Cover).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Cover).pdf - Published Version
Download (157kB)
![[thumbnail of (Bab1).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
![[thumbnail of (Bab2).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
![[thumbnail of (Bab3).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
![[thumbnail of (Bab4).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
![[thumbnail of (Bab5).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
![[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (96kB)
![[thumbnail of (Lampiran).pdf]](http://repository.staidaf.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan Asmaul Husna pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode Hanifida. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model yang di kemukakan oleh Kemmis & Teaggart dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus di mana dalam setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa siswi kelas VII B MTs Syarif Hidayatulloh. Hasil yang diperoleh menunjukan peningkatan hafalan Asmaul Husna setiap siklusnya. Peningkatan tersebut di tunjukan dengan hasil Analisis data pada prasiklus diketahui bahwa dari 33 siswa hanya 15% yang tuntas dilanjutkan pada siklus I pertemuan 1 menjadi 24% , pada pertemuan kedua meningkat sebesar 58% dan pada siklus II pertemuan 1 kembali mengalami peningkatan menjadi 64% dilanjutkan pertemuan kedua meningkat sebesar 85% siswa yang tuntas. Sedangkan untuk peningkatan nilai pada prasiklus nilai rata-ratanya adalah 56,969 hasil perbaikan siklus I pertemuan 1 menjadi 61,212 dilanjutkan pertemuan kedua meningkat sebesar 66,363 dan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 69,090 dilanjutkan pertemuan kedua meningkat sebesar 76,969. Sehingga terdapat peningkatan yang cukup signifikan dan peneliti merasa penerapan metode Hanifida Untuk meningkatkan hafalan Asmaul Husna sudah berhasil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Hafalan, Asmaul Husna, Hanifida |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Listia Napisa |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 03:37 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1389 |