Nurul Amaly Salsabila, 2001021 (2024) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di MTs Nurul Falah Cililin (Studi Kasus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (192kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Keaktifan belajar siswa sangat beragam bentuknya dilihat dari keadaan fisik maupun psikis. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses belajar adalah motivasi. Tanpa adanya dorongan dalam dirinya untuk melakukan sesuatu, maka tidak akan ada aktivitas. Oleh karena itu, untuk membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diperlukan adanya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata (mean) motivasi belajar di MTs Nurul Falah Cililin, seberapa besar nilai rata-rata (mean) keaktifan belajar siswa di kelas VII MTs Nurul Falah Cililin, serta seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Nurul Falah Cililin. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi diambil dari 66 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel populasi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Falah Cililin. Hal itu diketahui dengan nilai persamaan regresi Y = 29,438 (a) + 0,410 (X), koefisien korelasi sebesar 0,578 dan koefisien determinan sebesar 33,4%. Sedangkan 66,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diperoleh hasil thitung > t tabel (5,670 > 1,669) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa. Semakin tinggi tingkat motivasi belajar, maka keaktifan belajar siswa akan meningkat. Untuk itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi siswa dan guru dalam menumbuhkan keaktifan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Keaktifan Belajar Siswa, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Amaly Salsabila |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 10:42 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:09 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1360 |