Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Kebersihan Dalam Pembelajaran Pai Di SMA Darul Falah Cihampelas

Bakil Dien Shahih, 2001008 (2024) Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Kebersihan Dalam Pembelajaran Pai Di SMA Darul Falah Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Lingkungan yang bersih dan sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan kenyamanan siswa dalam belajar. Hal ini menimbulkan suatu pertanyaan tentang bagaimana kebersihan lingkungan kelas di maknai dan di realisasikan dalam konteks pembelajaran PAI. Maka dari itu penelitian ini memiliki beberapa tujuan. 1. Untuk mengetahui persepsi guru dan siswa dalam memaknai konsep kebersihan lingkungan kelas dalam konteks pembelajaran PAI. 2. Untuk mengetahui pengimplementasian makna kebersihan lingkungan kelas dalam praktik pembelajaran PAI di SMA Darul Falah. 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kebersihan lingkungan kelas dalam konteks pembelajaran PAI di SMA Darul Falah Cihampelas. Peneliti memakai pendekatan kualitatif guna memperdalam suatu temuan di dalam penelitian yang berjalan secara alami dan tetap di dalam konteks yang telah direncanakan.memaknai kebersihan dalam konteks pembelajaran PAI siswa mempunyai persepsi yang hampir sama, namun, ada juga yang melihat kebersihan sebagai kewajiban yang harus dipenuhi kita semua. Kesimpulan. Persepsi guru dan siswa tentang kebersihan lingkungan kelas dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Falah Cihampelas terbagi menjadi dua persepsi. Pertama, guru yang memiliki persepsi kebersihan dalam konteks PAI adalah Sebagian dari iman. Kedua, siswa yang memiliki persepsi kebersihan dalam konteks PAI merupakan tanggung jawab. Implementasi makna kebersihan lingkungan kelas dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Falah Cihampelas dilihat melalui beberapa peranan guru yaitu melalui program kebersihan rutin seperti, program kelas terbersih, jadwal piket, jadwal kebersihan. Kedua, dengan cara mengintegrasi makna kebersihan dalam materi PAI. Ketiga, aktivitas praktis. Keempat, melalui Pendidikan karakter. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru dan siswa tentang kebersihan dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Falah Cihampelas,antara lain: Latar Belakang Agama, Guru,Sarana dan Prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kata kunci: Persepsi, Guru, Siswa, Kebersihan, Pembelajaran PAI.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bakil Dien Shahih
Date Deposited: 10 Oct 2024 09:08
Last Modified: 10 Oct 2024 09:08
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item
View Item