Nisa Hasina, 2102009 (2024) Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Kemampuan Calistung Anak Usia 5-6 Tahun. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (162kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (20kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (35kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
Abstract
Studi ini di latar belakangi oleh pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi perkembangan kognitif dan kebutuhan akan metode pembelajaran yang efektif di era teknologi. Penggunaan media pembelajaran interaktif, khususnya aplikasi WordWall, dieksplorasi sebagai solusi potensial untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh aplikasi WordWall terhadap kemampuan calistung (membaca, menulis, dan berhitung) anak usia 5-6 tahun di RA Mutiara Qolbu, Bandung Barat, pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi untuk menguji efektivitas aplikasi WordWall dalam meningkatkan kemampuan calistung anak usia 5-6 tahun. Studi ini dilakukan di RA Mutiara Qolbu, Bandung Barat, dengan membandingkan kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi WordWall dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi untuk mengukur perkembangan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan calistung pada kedua kelompok setelah diberikan perlakuan. Pada kelas eksperimen, kemampuan membaca meningkat dari skor pre-test 90 menjadi 151 pada post-test, kemampuan menulis dari 92 menjadi 145, dan kemampuan berhitung dari 98 menjadi 150. Sementara pada kelas kontrol, peningkatan yang terjadi relatif lebih kecil. Meskipun demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Wordwall dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan calistung anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Aplikasi WordWall, Kemampuan calistung , Anak usia dini |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nisa Hasina |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 10:16 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 10:16 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1346 |