Yulia Yuliana, 2003006 (2024) Analisis Penanaman Kedisiplinan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas IV Mi Sirna Galih. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (137kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (41kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB)
Abstract
Menepati dan mematuhi peraturan diperlukan agar terciptanya keefektifan dalam proses belajar. Terutama dalam hal perubahan tingkah laku yang berupa kecakapan sikap, kebiasaan menepati aturan sekolah dalam proses pembelajaran, untuk menumbuhkan kebiasaan tersebut dapat dilakukan melalui kedisiplinan . Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas IV di MI Sirna Galih. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek yaitu siswa kelas IV MI Sirna Galih. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah redukasi data, dan penarikan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi beberapa pelangaran kedisiplinan belajar di kelas IV MI Sirna Galih yaitu tidak memperhatikan saat Pelajaran berlangsung, membuat suara gaduh, keluar masuk kelas tanpa ijin, mengganggu siswa lain dan membaca materi pada saat Pelajaran berlangsung. Factor penyebab terjadinya pelanggaran kedisiplinan belajar yaitu siswa yang mengulangi pelanggaran yang sama meskipun sudah ditegur. Upaya guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa antara lain: (1) memberi keteladanan pada siswa, (2) melaksanakan peraturan dalam kelas, (3) memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan (4) memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar. Kendala dalam menanamkan kedisiplinan belajar salah satunya yaitu siswa mengulangi pelanggaran yang sama walau sudah di ingatkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Peraturan, Kedisiplinan, Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yulia Yuliana |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 09:49 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 09:49 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1334 |