Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum Merdeka Di SMP Darul Falah (Studi analisis deskriptif kelas VII di SMP Darul Falah)

Shalza Alifia Yasha, 2001027 (2024) Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum Merdeka Di SMP Darul Falah (Studi analisis deskriptif kelas VII di SMP Darul Falah). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari bagaimana kesiapn guru PAI dalam menjalankan kurikulum merdeka sesuai dengan yang di instruksikan oleh pemerintah. Banyak kalangan guru dari berbagai sekolah yang telah menjalankan kurikulum Merdeka namun masih kurang efektif karena belum ada kesiapan dari diri guru tersebut. SMP Darul Falah Bandung Barat merupakan salah sekolah yang telah menjalankan kurikulum merdeka sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari kesiapan guru untuk menjalankan kurikulum merdeka sehingga dapat berjalan secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang dirancang untuk memperoleh infromasi tentang analisis kesiapan guru PAI dalam melaksanakan kurikulum merdeka di SMP Darul Falah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Darul Falah melalui beberapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksaaan, dan evaluasi. dalam tahap perencanaan terdapat langkah- langkah yang dilaksanakan oleh guru yaitu: kegiatan pra pembelajaran, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penilaian. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka terdapat faktor pendukung dan penghambat yang berdampak pada kualitas guru di SMP Darul Falah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka memberikan dampak positif bagi para guru untuk meningkatkan potensi profesional khususnya bagi guru-guru di SMP Darul Falah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shalza Alifia Yasha
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:55
Last Modified: 09 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item
View Item