Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Siswa MI

Candra Komara, 2103017 (2024) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Siswa MI. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendekatan pembelajaran contextual teaching learning pada materi matematika bangun ruang kelas 4 di MI Cisalak 3 Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, dimana permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran yaitu hasil belajar matematika kelas 4 yang cenderung rendah dimana hal tersebut tidak terlepas dari penguasaan materi matematika oleh siswa yang masih mengalami masalah dalam belajar, seperti siswa yang kesulitan untuk memunculkan keterkaitan antara informasi yang diterima dalam pembelajaran dengan situasi yang dihadapi pada kondisi nyata serta peserta didik cenderung mengerti ketika guru menjelaskan materi ajar namun kerap kali menemukan kesulitan untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching learning terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dapat dianalisa melalui nilai instrumen Pretest dan posTes serta kuesioner respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimental design, dimana penelitian ini dikerjakan hanya pada 1 kelompok yakni kelompok eksperimen yang sudah mendapat perlakuan (treatment) dengan menerapkan belajar berbasis pemecahan masalah menggunakan pendekatan kontekstual. Pengukuran hasil belajar berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan bobot penskoran 0 dan 5, berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Tes diperolah bahwa nilai dari negative ranks atau nilai penurunan dari Pretest dan Posttes sebesar nol (0), sedangkan nilai pada positive pada nilai mean rank sebesar 15,50, artinya terdapat perbedaan lebih baik antara nilai Posttes terhadap nilai Pretest sebesar 15,50, serta diperoleh nilai Z sebesar -4,806 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) P < 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan contextual teaching learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Contextual teaching Learning, Pemecahan masalah
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Candra Komara
Date Deposited: 08 Oct 2024 09:26
Last Modified: 08 Oct 2024 09:26
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item