Anggi Permatasari, 2102001 (2024) Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa RA Usia 5-6 Tahun Di Desa Laksanamekar Padalarang. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (71kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
Abstract
Perilaku bullying pada anak usia dini merupakan isu yang signifikan karena dapat mempengaruhi perkembangan jangka panjang baik secara sosial maupun emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional siswa RA usia 5-6 tahun di desa Laksanamekar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain prospektif, data dikumpulkan melalui wawancara yang diberikan kepada guru dan orang tua siswa, serta melalui observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh perilaku bullying memilki pengaruh yang signifikan terhadap perkembanagn sosial emosional anak. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,619, yang mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal. Persamaan regresi linear yang diperoleh adalah Y = 0,660 + 0,080X, dimana Y adalah perkembangan sosial emosional siswa dan X adalah tingkat bullying yang dialami. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional. Dari hasil wawancara menunjukan bahwa perilaku bullying yang terjadi lebih dominan dengan jenis bullying verbal, yang membuat siswa merasa terintimidasi oleh temannya. Dapat disimpulkan bahwa Bullying mempunyai pengaruh sebesar 6,60% terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini. Artinya, perilaku bullying berdampak buruk pada anak, khususnya dalam perkembangan sosial dan emosionalnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Bullying, Perkembangan Sosial Emosional |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Anggi Permatasari |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:50 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1307 |