Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa RA Usia 5-6 Tahun Di Desa Laksanamekar Padalarang

Anggi Permatasari, 2102001 (2024) Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa RA Usia 5-6 Tahun Di Desa Laksanamekar Padalarang. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (71kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Perilaku bullying pada anak usia dini merupakan isu yang signifikan karena dapat mempengaruhi perkembangan jangka panjang baik secara sosial maupun emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional siswa RA usia 5-6 tahun di desa Laksanamekar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain prospektif, data dikumpulkan melalui wawancara yang diberikan kepada guru dan orang tua siswa, serta melalui observasi langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh perilaku bullying memilki pengaruh yang signifikan terhadap perkembanagn sosial emosional anak. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,619, yang mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal. Persamaan regresi linear yang diperoleh adalah Y = 0,660 + 0,080X, dimana Y adalah perkembangan sosial emosional siswa dan X adalah tingkat bullying yang dialami. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif perilaku bullying terhadap perkembangan sosial emosional. Dari hasil wawancara menunjukan bahwa perilaku bullying yang terjadi lebih dominan dengan jenis bullying verbal, yang membuat siswa merasa terintimidasi oleh temannya. Dapat disimpulkan bahwa Bullying mempunyai pengaruh sebesar 6,60% terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini. Artinya, perilaku bullying berdampak buruk pada anak, khususnya dalam perkembangan sosial dan emosionalnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Bullying, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anggi Permatasari
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:50
Last Modified: 04 Oct 2024 03:50
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item
View Item