Pembiasaan Asmaul Husna Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa SD Alam Qurani

Erni Yulianti, 2103005 (2024) Pembiasaan Asmaul Husna Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa SD Alam Qurani. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (73kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan keagamaan sangat penting pada Tingkat sekolah dasar, mengingat perkembangan infomasi baik secara langsung maupun sosial media memegang peranan dalam kegiatan seseorang khususnya siswa di sekolah. Oleh karena itu seorang pendidik mempunyai peranan penting dalam membina peserta didik menjadi individu yang berkarakter dan religius serta cerdas dalam spiritual. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembiasaan asmaul husna dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SD Alam Qurani. 2) Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung pembiasaan asmaul husna dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SD Alam Qurani. 3) Bagaimana dampak dari pelaksanaan pembiasaan asmaul husna dalam mencegah perilaku bullying pada SD Alam Qurani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan trigulasi waktu. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan asmaul husna dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SD Alam Qurani betul adanya dan sudah diterapkan sejak sekolah ini berdiri yakni tahun 2018, dan pelaksanaannya dilakukan dalam dua sesi yang awalnya hanya satu sesi yakni pada pukul 07.30 WIB sebelum kegiatan belajar (KBM) dimulai, sekarang menjadi dua sesi pada pukul 08.30 WIB untuk kelas bawah yaitu kelas 1 sampai kelas 3 dengan tujuan untuk pengkondisian. Dalam pelaksanaan pembiasaan ini tentu adanya faktor penghambat yakni kurangnya tenaga guru yang berkompeten dibidangnya dan ada pada diri siswa juga dan salah satu faktor pendukungnya yakni lingkungan sekolah yang berada di lingkugan pesantren, semangat siswa serta dukungan orang tua siswa. Dampak dari pelaksanaan pembiasaan ini tentu membentuk perilaku disiplin, bertanggung jawab, saling menyayangi, menumbuhkan rasa empati atau peduli terhadap sesama dan juga memebentuk karakter religius siswa sejak dini supaya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pembiasaan, Asmaul Husna, Bullying
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erni Yulianti
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:53
Last Modified: 03 Oct 2024 03:03
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item
View Item