Strategi Guru Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Mahmudiyyah Pada Masa Pandemi

Neng Simatul Munawaroh, 1701026 (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Mahmudiyyah Pada Masa Pandemi. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).docx] Text
(Cover).docx - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Strategi mengajar pada masa pandemi covid-19 tentu berbeda dengan strategi yang biasa dilakukan sebelum adanya pandemi, guru harus menyesuaikan dengan pembelajaran yang berubah menjadi online, agar pembelajaran dapat dipahami siswa dengan baik maka diperlukan strategi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian 1) Strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran akidah akhlak pada masa pandemi adalah dengan menerapkan dua strategi pembelajaran yaitu: a) Luring dengan menerapkan strategi pembelajaran langsung menggunakan metode pembelajaran kelompok, menonton video/film, metode sosiodrama. b) Daring dengan memanfaatkan media pembelajaran melalui media WhatApp dan YouTube. 2) Faktor Pendukung diantaranya: Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh sekolah, penyampaian materi lewat vidio atau film melalui YouTube, banyaknya sumber buku yang bisa dijadikan referensi belajar bagi siswa, antusiasme siswa serta kekompakan yang diperlihatkan siswa pada saat menerima pambelajaran. Faktor penghambat diantaranya: ketersedian alat komunikasi seperti handphone yang masih kurang, terkendala aturan dari pesantren yang hanya mengijinkan siswa menggunakan handphone di waktu tertentu saja, minat belajar siswa yang menurun, kuota dan jaringan, pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Strategi Guru, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Masa Pandemi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 20:26
Last Modified: 28 Mar 2024 08:24
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item
View Item