Siti Sri Andini, 2001029 (2024) Pemahaman Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Mengajar Di MA Nurul Falah Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (176kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (111kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (856kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kurikulum merdeka di MA Nurul Falah Cililin, guru Al-Qur’an Hadits dihadapkan dengan penyusunan modul ajar serta implikasinya terhadap kualitas mengajar. Namun dalam menyusun modul ajar, guru masih belum sepenuhnya paham, sehingga guru merasa kesulitan dan kebingungan dalam menyusunnya. Oleh karena itu, guru harus memahami cara menyusun modul ajar, yaitu dengan mencari informasi dan mengikuti berbagai pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pemahaman Guru Al-Qur’an Hadits dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka di MA Nurul Falah Cililin 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemahaman Guru Al-Qur’an Hadits dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka terhadap kualitas mengajar di MA Nurul Falah Cililin. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan (field research). teknik pengumpulan data yang digunakan 3 tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah guru Al-Qur’an Hadits, kepala sekolah, dan waka kurikulum. Pada penelitian ini data dianalisis melalui langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman guru Al-Qur’an Hadits dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka di MA Nurul Falah Cililin sudah cukup baik, mulai dari menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), menyusun Tujuan Pembelajaran (TP), dan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dalam menentukan media pembelajaran, guru sudah mampu menentukannya sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang diajarkan di kelas. Sementara dalam menentukan metode pembelajaran, guru menggunakan metode yang bervariasi. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat pemahaman guru AlQuran Hadits dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka terhadap kualitas mengajar di MA Nurul Falah Cililin. Faktor pendukungnya yaitu guru sudah memahami karakteristik dan kebutuhan siswa, sumber daya manusia dari guru meliputi latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja dan pelatihan, serta keikutsertaan dalam program pendidikan dan pelatihan. Sementara itu, faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran, serta guru-guru yang masih belum memahami sepenuhnya terkait penyusunan modul ajar kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kualitas Mengajar, Menyusun Modul Ajar, Pemahaman Guru |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sri Andini |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:15 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:15 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1267 |