Analisis Teori Belajar Behavioristik (Ivan Pavlov) Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian Pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Mubarokah)

Siti Soni Sundari, 2001060 (2024) Analisis Teori Belajar Behavioristik (Ivan Pavlov) Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian Pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Mubarokah). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan agama Islam yang sangat mengutamakan pembentukan tingkah laku yang baik. Misalnya tingkah laku dalam proses kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam misalnya pada pembelajaran akidah akhlak masih sering terdengar stigma tolak ukur pencapaian pembelajaran yang belum tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan efisien, diperlukan adanya pendekatan dan teknik pembelajaran yang relevan seperti implementasi teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis: Perencanaan, pengorganisasian, Pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian implementasi teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov dalam mata pelajaran akidah akhlak Mts Darul Mubarokah. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan sumber data yaitu guru mata pelajaran akidah akhlak, peserta didik, dan kepala madrasah. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yang diperoleh dari berbagai sumber. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Perencanaan implementasi teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov dalam mata pelajaran akidah akhlak sudah memenuhi indikator hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. 2) Dalam Pengorganisasian implementasi teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov dalam mata pelajaran akidah akhlak sudah berjalan dengan baik dilihat dari adanya respon yang ditimbulkan oleh siswa. 3) Dalam pelaksanaan analisis teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov dalam mata pelajaran akidah akhlak guru mengajar dengan tiga tahapan kegiatan yaitu: a) tahap kegiatan pendahuluan. b) tahap kegiatan inti. c) tahap kegiatan penutup. 4) untuk evaluasi/penilaian teori belajar Behavioristik Ivan Pavlov dalam mata pelajaran akidah akhlak dimana evaluasi dilakukan bukan hanya kepada siswa saja melainkan juga kepada guru, hal ini dilakukan agar tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Analisis, Behavioristik, Ivan Pavlov, Teori Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI SONI SUNDARI
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:24
Last Modified: 27 Sep 2024 04:24
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item
View Item