Hindun Laelatul Jahroh, 2001040 (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Raksanagara (Studi Kasus Di SMP Raksanagara Kelas VIII C). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (105kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (662kB)
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Raksanagara Cihampelas agar. Namun dalam memberikan strategi guru perlu membuat peraturan yang telah disepakati semua pihak. Agar siswa dapat bertangung jawab baik pada diri sendiri maupun lingkungannya. Oleh karena itu, guru pendidikan agama islam sebagai salah satu guru yang dapat mengarahkan dan membimbing kedisiplinan kepada siswa sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Raksanagara Cihampelas 2) Hasil strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Raksanagara Cihampelas 3) Apa yang menjadi kendala guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Raksanagara Cihampelas. Jenis penelitian ini adalah pedekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari guru pendidikan agama islam, kepala sekolah dan siswa. Analisis data yang diambil pada penelitian ini melalui langkah-langkah pengumpulan data (data colletion), reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan uji credibility yaitu perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, analisi kasus dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses implementasi strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah, yaitu membuat peraturan sekolah, program kegiatan/pembiasaan, pengarahan dan motivasi, memberikan sanksi. 2) Hasil Implementasi strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah, yaitu tumbuhnya rasa kesadaran, dan ketepatan waktu. 3) Kedala dari strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu, kurangnya fasilitas sekolah, karekter siswa yang berbeda, dan kegiatan yang monoton. Untuk itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meberikan solusi yang positif kepada sekolah dan guru pendidikan agama islam agar kedisiplinan di sekolah meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Strategi Guru, Hasil Kedisiplinan, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hindun Laelatul Jahroh |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 08:23 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:23 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1253 |