Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Hasil Kognitif Siswa (Studi Kasus: Dalam Materi Ketentuan Makanan Halal Dan Haram Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Darul Hikmah)

Nurully Catur Lastuary, 2001022 (2024) Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Hasil Kognitif Siswa (Studi Kasus: Dalam Materi Ketentuan Makanan Halal Dan Haram Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Darul Hikmah). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

guna untuk membantu pendidik menciptakan pembelajaran yang terprogram dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Namun ada saja pendidik yang tidak membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Sejalan menurut Wirda, dkk (2020) salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa ialah iklim sekolah, salah satu didalamnya adalah pengelolaan kelas. Agar suasana pembelajaran di kelas kondusif, diperlukan keterampilan manajemen kelas. Oleh karena itu, guru harus mempunyai keterampilan pengelolaan kelas, yaitu salah satunya dengan merencanakan pembelajaran terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Deskripsi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran 2) Deskripsi hasil kognitif siswa 3) Pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 85 responden. Teknik pengumpulan data yaitu angket rencana pelaksanaan pembelajarann dan hasil kognitif siswa. Analisis data menggunakan aplikasi IBM Statistik SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran diterapkan pada proses pembelajaran. 2) Hasil kognitif siswa diperoleh rata-rata S0, 77843, artinya 78% siswa mengerti materi ketentuan makanan halal dan haram. 3) Terdapat pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil kognitif siswa sebesar 20,3%, data ini didapatkan dari analisis data rumus regresi dengan nilai konstanta (a) berdasarkan tabel B diperoleh hasil 7.800. maka nilai koefisien regresi rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu 0,383, kemudian pada uji hipotesis yaitu dengan nilai thitung sebesar 4,600 > dari ttabel 2,634, variabel rencana pelaksnaan pembelajaran (X) berpengaruh terhadap variabel hasil kognitif siswa(Y). sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil kognitif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Rencana pelaksanaan pembelajaran, Hasil kognitif, Fikih
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurully Catur Lastuary
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:03
Last Modified: 26 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item
View Item