Penerapan Model Pembelajaran Sains Dalam Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Kelompok B Pada RA Daarul Hikmah

Ai Masudah Nurhasanah, 2102046 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Sains Dalam Peningkatan Daya Ingat Anak Usia Dini Di Kelompok B Pada RA Daarul Hikmah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (115kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini melakukan penelitian di kelompok B RA Daarul Hikmah untuk meningkatkan daya ingat anak usia dini dengan menggunakan model pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B RA Daarul Hikmah. Pembelajaran sains pada anak usia dini didefinisikan sebagai serangkaian pengalaman dan kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, minat, dan keterampilan memecahkan masalah. Di kelompok B RA Daarul Hikmah, banyak anak yang menunjukkan kurangnya kemampuan kognitif, kesulitan dalam memecahkan masalah dan memperhatikan penjelasan guru. Keefektifan guru dalam menyampaikan pelajaran juga sangat penting dalam memfasilitasi pemahaman anak terhadap materi. Melalui observasi, ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran sains meningkatkan daya ingat anak usia dini di kelompok B RA Daarul Hikmah. Metode pembelajaran tradisional yang digunakan sebelumnya, seperti tanya jawab dan ceramah dengan penggunaan media yang terbatas, tidak semenarik model pembelajaran sains, sehingga meningkatkan antusiasme belajar dan daya ingat anak. Daya ingat Anak Usia Dini di Ra Daarul Hikmah setelah adanya penerapan model pembelajaran sains meningkat dan anak lebih antusias hal ini terlihat dari pemahaman anak yang lebih meningkat dan sudah tertarik dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran sains, Daya ingat, Anak Usia Dini
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ai Masudah Nurhasanah
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:56
Last Modified: 25 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item
View Item