Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Luthfah Desa Karanganyar Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat)

Rita Rismayanti, 1701031 (2021) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Luthfah Desa Karanganyar Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).docx] Text
(Cover).docx - Published Version

Download (34kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan Kinerja guru PAI. (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru PAI (3) untuk mengetahui Bagaimana upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam menanggulangi hambatan penerapan supervisi dalam meningkatkan Kinerja guru PAI. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala madrasah dan guru MTs Al- Luthfah. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan,penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.dalam penelitian ini dengan mencatat data dari hasil observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “peran kepala MTs Al Luthfah sebagai supervisor dalam meningkatkan Kinerja guru melalui berbagai kegiatan yaitu:(1)Melakukan kunjunggan ke kelas pada saat guru mengajar.(2)Melakukan monitoring dengan menulis jurnal kegiatan guru.(3)Mengadakan diskusi/musyawarah dan rapat secara rutin untuk evaluasi.(4)Menyediakan kegiatan untuk peningkatan kinerja guru. Misalnya: diklat, seminar, mgmp, workshop, pelatihan. Sedangkan Faktor yang mempengaruhi terlaksananya supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan Kinerja guru MTs Al -Luthfah terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung terlaksananya supervisi kepala madrasah adalah:(a)Hubungan baik dan kekeluargaan antara guru dengan kepala sekolah.(b)Kerja sama antara guru untuk memajukan madrasah (c) Komunikasi yang lancar”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Guru
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 20:22
Last Modified: 28 Mar 2024 08:43
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item