Eka Priana, 1601012 (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa (Studi kasus SMP PGRI Karang Agung Ulu Kab. Banyuasin). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (126kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (123kB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMP PGRI Karang Agung Ulu.Kajian ini dilatarbelakangi semakin tingginya fenomena kenakalan remaja usia sekolah. SMP PGRI Karang agung Ulu merupakan lembaga pendidikan umum yang memiliki tingkat indispliner siswanya yang relatif rendah. Untuk itu, peneliti bermaksud mengkaji lebih mendalam tentang peran guru PAI dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMP PGRI Karang agung Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif studi kasus di SMP PGRI Karang Agung Ulu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data dan menggunakan teknik deskripsi analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku indisipliner tersebut adalah diri siswa sendiri, keluarga (orang tua), lingkungan dan pergaulan sosial, adanya kesempatan (waktu luang), dan kurangnya pemahaman agama. Dalam hal ini guru PAI di SMP PGRI Karang Agung Ulu berperan penting dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di sana, yakni dengan berperan sebagai: (1) Sebagai korektor: guru PAI memberikan koreksi kepada siswa mana perbuatan yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan sebagai seorang pelajar muslim. (2) Sebagai motivator: guru PAI selalu memberikan motivasi-motivasi kepada siswa di 10 menit sebelum dimulai dan 10 menit saat akan ditutup pembelajaran, juga memberikan motivasi kehidupan di luar jam pelajaran tentang kesuksesan seorang muslim itu diawali dari sebuah kedisiplinan. (3) Sebagai pembimbing: guru PAI membimbing siswa agar senantiasa menghiasi dan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bertujuan membiasakan diri siswa berlaku disiplin dan terhindar dari perbuatan melanggar seperti dengan melakukan sholat dhuha, sholat berjama’ah, dan zakat fitrah setiap setahun sekali. Dengan peran yang dimiliki guru PAI ditambah dengan kerja sama bersama guru-guru mata pelajaran lain dan juga kepala sekolah menjadikan dampak positif pada pembentukan akhlak yang baik pada diri siswa, sehingga tingkat pelanggaran yang dilakukan siswa di SMP PGRI Karang Agung Ulu dapat teratasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Indisipliner Siswa |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 20:12 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 05:49 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/118 |