Efektivitas Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Memperkuat Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas

Dini Ramadanti, 1601011 (2020) Efektivitas Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Memperkuat Karakter Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan pendidikan karakter siswa. Hal itu dikarenakan banyak siswa yang hanya pintar di kognitif tetapi karakternya rendah, kurang disiplin dan sebagainya. Kebanyakan pendidikan memang cenderung kepada dimensi pengetahuan, yang memegang asumsi jika aspek kognitif telah berkembang, maka aspek afektif akan ikut berkembang. Padahal pada kenyataannya aspek afektif dan psikomotorik pun sangat berperan. Tentunya hal itu bisa dikembangkan didalam pembelajaran, seperti pembelajaran pembiasaan salah satunya melalui pembelajaran tahfidz Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan pembelajaran tahfidz Alquran di MTs Miftahul Falah, Selakopi. 2) mengetahui pembelajaran tahfidz Alquran mampu memperkuat karakter siswa di MTs Miftahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dalam rangka menggambarkan, mengungkapkan, dan menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan efektivitas pembelajaran tahfidz Alquran dalam memperkuat karakter siswa di MTs Miftahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data peniliti menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Tujuan diadakannya pembelajaran tahfidz Alquran di MTs Mifatahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas adalah untuk mencetak generasi qurani. Pembelajaran ini dilaksanakan pada pukul 07.00-08.00 WIB, setelah pelaksanaan shalat dhuha. Pembelajaran tahfidz Alquran ini telah berjalan dengan baik, dari proses hafalan, metode yang digunakan, dan fasilitas yang ada. 2) Pembelajaran tahfidz Alquran efektif memberikan kontribusi dalam memperkuat karakter siswa di MTs Miftahul Falah, Selakopi Kec. Cihampelas. Siswa menjadi disiplin lebih awal ke sekolah, meningkatkan karakter kejujuran siswa, siswa lebih bekerja keras dalam mengahafal, siswa menjadi kreatif dalam pemilihan metode menghafal, dan lebih tanggung jawab dalam menjaga hafalannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Tahfidz Alquran, Karakter Siswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 19:45
Last Modified: 01 Apr 2024 05:45
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item
View Item