Delia Maya Syifa, 1702008 (2021) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Sains Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Al-Karomah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (139kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (616kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada di kelompok B di RA Al-Karomah yang siswanya banyak yang pasif dalam pembelajaran, sikap pasif tersebut membuat keterampilan sains kurang terlihat. Permasalahan tersebut dikarenakan banyak pembelajaran yang belum mampu mengaktifkan para siswanya. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu pengaruh metode, yakni mengetahui pengaruh metode eksperimen serta untuk mengetahui kondisi sebelum dan sesudah metode tersebut diterapkan pada kelompok B RA Al-Karomah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis desain yang digunakan adalah single subject experimental design dengan menggunakan tipe AB design. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa RA Al-Karomah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut, 1) Kondisi keterampilan sains siswa sebelum penerapan metode eksperimen, menunjukkan keterampilan sains siswa di RA Al-Karomah 2 anak Belum Berkembang dan 13 anak Mulai Berkembang, hal ini dibuktikan hasil obsevasi awal yang hasilnya berada pada rentang skor 1-10 dan 11-20 2) kondisi keterampilan proses sains setelah penerapan metode eksperimen sangat berbeda karena siswa berada di rentang skor 21-30 yang artinya anak Berkembang Sesuai Harapan 3) Metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan sains anak usia dini kelompok B di RA Al-Karomah hal ini di buktikan dengan terjadinya peningkatan rentang skor siswa dari rata-rata 11-20 menjadi 21-30.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Keterampilan Sains, Metode Eksperimen |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 19:44 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:51 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/110 |