Strategi Penerapan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas II SD Negeri 2 Gununghalu

Hestiani Nur Aidah, 2103007 (2024) Strategi Penerapan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas II SD Negeri 2 Gununghalu. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di kelas 2 SD Negeri 2 Gununghalu dengan menggunakan media Big Book. Big Book adalah sejenis media pembelajaran yang berupa buku bacaan yang memiliki ukuran, tulisan, dan gambar yang cukup besar serta memiliki banyak warna yang menarik. Desain penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang berfokus pada kondisi objek alamiah, yaitu kondisi asli di lapangan yang berkembang apa adanya. Penelitian ini berfokus pada deskripsi dan analisis data yang ditemukan, tanpa menarik kesimpulan berdasarkan statistik dan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Big Book telah digunakan dan dapat mengatasi peningkatan keterampilan membaca peserta didik di kelas II melalui proses perencanaan yang telah dilakukan, pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga diketahui hambatan dan solusi selama proses kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa media Big Book berhasil digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di kelas dua karena kegiatan membaca jadi lebih efektif dan lebih antusias, karena sebelum menggunakan media big book peserta didik kurang antusias belajar membaca karena kurang menarik. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya seorang pendidik untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Big Book, Peserta didik, Keterampilan Membaca
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hestiani Nur Aidah
Date Deposited: 07 Sep 2024 07:59
Last Modified: 07 Sep 2024 07:59
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item
View Item