Septi Nurimani, 2002005 (2024) Analisis Tingkat Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Ghifari Nuansa Bukit Desa Singajaya Kecamatan Cihampelas. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (68kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (17kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pengenalan huruf pada anak sejak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat mengenal huruf-huruf untuk persiapan membaca dan menulis. Anak yang dapat mengenal huruf alfabet dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih baiik. Tujuan penelitian untuk menganalisa Tingkat kemampuan mengenal huruf alfabet pada anak usia dini. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf alfabet (2 ) Upaya dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan mengenal huruf anak kelompok A dan B di TK Al-Ghifari masih rendah, masih ada beberapa anak yang yang belum mengenal huruf alfabet. (2) Upaya kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di TK Al-Ghifari diantaranya dengan mengembangkan kemampuan membedakan huruf dan pengenalan huruf melalui metode eja (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam mengenalkan huruf dari sekolah maupun di rumah di antaranya dari sekolah faktor pendukung adalah teman sebaya dapat membantu perkembangan sosial anak seperti anak dapat mematuhi peraturan dan membantu teman dalam keadaan seperti belajar dan juga berbagi terhadap teman dan selain itu mengenalkan huruf dengan adanya media yang menarik dalam proses pembelajaran faktor penghambat bahwa kurang nya motivasi dari orang tua mendorong anak- anaknya supaya belajar bahwa hal ini akan berdampak negatif bagi anak seperti timbul rendahnya minat belajar, kurang nya prestasi anak , kurangnya perhatian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Pembelajaran kemampuan mengenal huruf alfabet |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Septi Nurimani |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:25 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1080 |