Annisa Sholihatus Syadiah, 2001006 (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Adab Bersosial Media (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Nurul Falah Cililin). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (118kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Mata pelajaran Akidah Akhlak sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional salah satunya metode ceramah ini kurang melibatkan keantusiasan siswa, sehingga kebanyakan siswa menganggap bahwa mata pelajaran Akidah Akhlak ialah pembelajran yang membosankan karena pendidik menyampaikan materi menempatkan siswa sebagai objek yang pasif. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya ialah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Adab Bersosial Media dalam Pandangan Islam mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah pada tahun ajaran 2022-2023. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII B (Eksperimen) = 38 orang dan siswa kelas VIII A (Kontrol) = 35 orang. Pengolahan data berbantuan aplikasi SPSS 22. Hasil analisa statistik inferensial untuk kelas eksperimen memiliki nilai Sig sebesar 0,000. Karena nilai Sig < 0,05, maka artinya terdapat peningkatan yang signifikan. Dan nilai persamaan regresinya bersifat positif yaitu Y=67.707 + 25.933x. Mengacu dasar pengambilan keputusan bahwa ada pengaruh nilai posttest dan N-Gain dari kelas eksperimen dan memiliki hubungan positif, hal tersebut dilihat dari garis liniear mengarah ke atas. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Akidah Akhlak Contextual Teaching Learning Model Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Annisa Sholihatus Syadiah |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 10:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 10:34 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1077 |