Sintia fatwa Awaliyah, 2103021 (2024) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Pada Materi Perubahan Wujud Benda. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (192kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (61kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda di MI Al-Ikhwan kecamatan cililin kabupaten Bandung Barat, dimana permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran itu mengenai nilai hasil ujian akhir semester siswa yang cenderung rendah yang mana hal itu tidak lepas dari pemahaman siswa dalam pembelajaran,seperti siswa yang masih bingung dan kesulitan untuk memunculkan keterkaitan antara informasi yang diterima dalam pembelajaran dengan situasi yang dihadapi pada kondisi nyata, serta peserta didik cenderung kurang mengerti ketika guru menjelaskan materi ajar dan kerap kali menemukan kesulitan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian terdiri dari 43 siswa dan yang mengisi kuesioner hanya 30 siswa saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA pada materi perubahan wujud benda, dengan nilai uji korelasi data Motivasi 0,031 dan nilai uji korelasi pemahaman konsep 0,031. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara kedua variabel tersebut. Penulis menyarankan agar sekolah melengkapi sapras untuk mempermudah jalannya pembelajaran, pendidik harus mengupdate cara mengajar di dalam kelas yang sesuai dengan keadaan lingkungan peserta didik. Upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik sekolah harus menyediakan infokus untuk mempermudah belajar secara visualnya juga lebih memanfaat kan lingkungan yang cenderung menyatu dengan alam mudah untuk mempelajari pembelajaran IPA terutama pada materi perubahan wujud benda.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Motivasi Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep IPA |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sintia fatwa awaliyah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 05:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 05:46 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1058 |