Lutviah, 2102038 (2024) Implementasi Metode Bernyanyi Terhadap Hafalan Mufradat Permulaan Di TPQ Nurul Hikmah Al-Musri’1. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (88kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (71kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan anak-anak dalam menghafal mufradat bahasa Arab di TPQ Nurul Hikmah Al-Musri'1, di mana sebagian anak kurang fokus dan tidak tertarik dalam proses hafalan. Hal ini sering membuat mereka merasa bosan dan hasil hafalannya menjadi rendah. Dalam menghafal pada anak usia dini, guru harus kreatif dalam mengatur permainan dan menyiapkan metode yang menarik untuk menyampaikan kegiatan agar tidak menimbulkan kebosanan. Untuk mengatasi masalah ini, implentasi metode bernyanyi terhadap hafalan mufradat permulaan di TPQ Nurul Hikmah Al-musri’1 diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi metode bernyanyi terhadap hafalan mufradat permulaan dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi metode bernyanyi terhadap hafalan mufradat permulaan di TPQ Nurul Hikmah Al-musri”1. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi kemudian dioleh untuk mendapatkan hasil penelitian. Hasil dari implementasi metode bernyanyi terhadap hafalan anak berhasil diterapkan di TPQ Nurul Hikmah terbukti dari meningkatnya hafalan mufradat anak.Tahapan-tahapan pembelajaran yang terlibat dalam implementasi metode bernyanyi meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Setelah implementasi, evaluasi dilakukan untuk menilai kemajuan hafalan anak. Metode ini didukung oleh pengulangan, penggunaan lagu yang mudah dipahami, dan penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan tanpa ada tekanan. Adapun faktor penghambat implementasi metode bernyanyi, di antaranya adalah suasana kelas yang kurang kondusif dan ketersediaan fasilitas yang kurang memadai dan anak yang pemalu cenderung kurang aktif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Metode Bernyanyi, Hafalan Mufradat, TPQ |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Lutviah Lutviah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:13 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1054 |