Krisdawati Arianto, 2001012 (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Prestasi Belajar Dalam Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim A.S (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Nurul Falah Cililin). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (158kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (26kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (82kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. sejauh ini terdapat beberapa permasalahan, di antaranya masih rendahnya capaian prestasi belajar siswa khususnya di kelas VII MTs Nurul Falah. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Tujuan penelitian ini menguji perbedaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas VII B (eksperimen) dan 34 siswa kelas VII A (kontrol). Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain Kuasi Eksperimen, data dianalisis menggunakan SPSS 22. Hasil analisis statistik inferensial untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki nilai Sig sebesar 0,000. Karena nilai Sig < 0,05, maka dapat diartikan terdapat pengaruh nilai Gain dari kelas eksperimen, demikian pula dengan kelas konvensional. Dengan kata lain Ho diterima dan Ha ditolak. Oleh karena itu, simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, atau dengan kata lain kedua model pembelajaran, baik model TGT maupun model konvensional sama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Selain model pembelajaran, faktor motivasi belajar dan kompetensi guru dalam mengelola kelas cukup memengaruhi terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Semakin baik guru dalam mengelola kelas, maka semakin tinggi potensi peningkatan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Akidah Akhlak, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Prestasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Krisdawati Arianto |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 09:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 09:10 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1048 |