Sabila Rosida, 20002004 (2024) Implementasi Program Rebo Nyunda Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Kelompok A TK Plus Hasanatul Huda Bongas Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (115kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (47kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only
Download (0B)
Abstract
Program Rebo Nyunda merupakan program yang di terapkan di TK Plus Hasanatul Huda untuk meningkatkan kemampuan berbahasa sunda anak. Penelitian ini mengkaji implementasi program Rebo Nyunda dalam meningkatkan kemampuan berbahasa sunda anak Kelompok A Tk Plus Hasanatul Huda Bongas Cililin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana implementasi, faktor penghambat dan pendukung serta evaluasi pada Implementasi Program Rebo Nyunda Di TK Plus Hasanatul Huda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) implementasi program Rebo Nyunda dalam meningkatkan kemampuan berbahasa sunda anak kelompok A di TK Plus Hasanatul Huda melalui tiga program yaitu penggunaan bahasa sunda sebagai bahasa pengantar, pemakaian pakaian tradisional sunda dan bermain permainan tradisional sunda. Program Rebo Nyunda ini sudah berjalan sangat baik, terlihat pada kemampuan berbahasa sunda anak yang sudah meningkat. 2) Faktor pendukung dalam implementasi program Rebo Nyunda, yaitu perencanaan yang matang, penggunaan bahasa sunda guru yang baik, dan bahasa sunda orang tua dan masyarakat sekitar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya RPPH khusus program Rebo Nyunda dan sebagaian orang tua yang tidak mahir dalam berbahasa sunda. 3) Evaluasi yang digunkan untuk melihat kemampuan berbahasa sunda yaitu dengan menggunakan penilaian ceklis dan anekdot. Dari evaluasi ini terlihat bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan berbahasa sunda anak kelompok A yaitu 14 peserta didik yang berkembang sangat baik dan 3 peserta didik yang berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kata kunci : Implementasi Program Rebo Nyunda, Berbahasa Sunda. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sabila Rosida |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 10:23 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 10:23 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1032 |