Analisis Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Powerpoint Terhadap Peningkatan Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun

Nafisha Agustina, 2002003 (2024) Analisis Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Powerpoint Terhadap Peningkatan Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi metode pembelajaran ekspositori berbantuan PowerPoint terhadap peningkatan daya ingat anak usia 5-6 tahun. Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya daya ingat anak akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional dengan media yang kurang menarik, yang membuat anak tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mengakibatkan daya ingat mereka tidak maksimal. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 24 anak yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dengan data dianalisis menggunakan statistik Shapiro Wilk dan Uji t`. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekspositori berbantuan PowerPoint efektif terhadap peningkatan daya ingat anak 5-6 tahun, dengan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dari pre-test 36% menjadi post-test 80%. Nilai N-Gain rata-rata 0,69 menunjukkan efektivitas yang cukup baik. Sebaliknya, kelas kontrol tidak menunjukkan peningkatan, dengan nilai pre-test 48% menurun menjadi 47% pada post-test. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa metode pembelajaran ini efisien dalam meningkatkan daya ingat anak usia 5-6 tahun dengan hipotesis H1 diterima Kemampuan daya ingat anak usia 5-6 tahun kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran ekspositori berbantuan powerpoint lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Ekspositori, PowerPoint, Daya Ingat
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nafisha Agustina
Date Deposited: 24 Aug 2024 10:02
Last Modified: 24 Aug 2024 10:07
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item
View Item