Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA kelas V MIS Cijawa Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor (Studi Ekspermen Kelas V MIS Muslimin Cijawa Kec. Cipongkor Kab. Bandung Barat)

Suci Nurlaelasari, 1703006 (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA kelas V MIS Cijawa Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor (Studi Ekspermen Kelas V MIS Muslimin Cijawa Kec. Cipongkor Kab. Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V MIS Cijawa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hasil belajar pun menurun. Selain itu, pembelajaran IPA diharapakan dapat merangsang kemampuan dan pemahaman peserta didik sehinga hasil belajar menjadi meningkat. Di harapakan penerapan Pembelajaran IPA dapat dilakukan secara langsung oleh guru kepada peserta didik. Pembelajaran yang bersifat langsung akan membuat siswa membangun pengetahuannya sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memperkaya guru kelas V untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran pada pelajaran IPA maupun pelajaran lainnya. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen dan metode inquiry pada kelas control. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent group post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V berjumlah 38 peserta didik. Yang terdiri dari kelas A berjumlah 19 dan kelas B 19 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang terkumpul selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V MIS Cijawa Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 18:54
Last Modified: 28 Mar 2024 04:33
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item
View Item