Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dan Bicara Pada Anak Speech Delay Di Kelas B RA AT Taqwa

Eka Rosmalasari, 2102033 (2024) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dan Bicara Pada Anak Speech Delay Di Kelas B RA AT Taqwa. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (120kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan bahasa dan bicara anak kurang berkembang dikarenakan anak masih kesulitan dalam berbicara dengan jelas, anak masih kesulitan dalam berbicara terhadap kata-kata yang terbata-bata. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian ini tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan bahasa dan bicara bernyanyi dan bermain peran di kelompok B di RA At Taqwa Batujajar Bandung Barat. Speech delay merupakan keterlambatan bicara pada anak, dari temuan peneliti di RA At Taqwa terdapat peserta didik yang mengalami speech delay. Tujuan penelitian ini peneliti ingin mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara pada anak speech di RA At Taqwa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara pada anak speech delay. Metode yang digunakan adalah metode bernyanyi dan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan wawancara kepada tiga responden yaitu kepala sekolah, guru kelas dan orang tua. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa meningkatkan kemampuan Bahasa dan bicara anak dapat dilakukan melalui upaya guru yaitu metode bernyanyi dari kemampuan bahasa satu siswa berkembang sesuai harapan(BSH) dan dua siswa mulai berkembang (MB). Kemampuan berbicara satu siswa berkembang sesuai harapan (BSH) dan dua orang berkembang sesuai harapan (BSH). Upaya guru melalui metode bermain peran kemampuan bahasa dan bicara ketiga anak berkembang sesuai harapan. Pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara adalah lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Faktor penghambat yaitu lingkungan sekolah, lingkungan lingkungan dan penggunaan Gadget.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Upaya Guru, Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dan Bicara Pada Anak Speech delay
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eka Rosmalasari
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:33
Last Modified: 16 Aug 2024 07:33
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item
View Item