Ayu Yuningsih, 2102029 (2024) Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Memperkuat Karakter Anak Usia Dini Melalui Proses Pembelajaran Di RA Darul Falah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah, Cihampelas, Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (104kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
Abstract
Pembentukan karakter anak usia dini dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai religius sangatlah penting untuk membentengi dirinya dari hal-hal negatif seperti tindakan bulliying, kekerasan anatar teman, penipuan, korupsi, hingga sampai pada aliran sesat yang dapat menjerumuskan anak. Hal ini dikarenakan anak usia dini di ibaratkan kertas yang masih kosong. Baik buruknya sikap dan karakter anak tersebut tergantung dengan pendidikannya sejak dini. Di RA Darul Falah implementasi nilai-nilai religius sudah diterapkan dalam kegiatan sehari-hari dan menjadi kekhasan bagi sekolah, dengan demikian peneliti merasa perlu menggali lebih jauh lagi melalui sebuah penelitian setelah melakukan implementasi, serta hal-hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode yang di gunakan ialah kualitatif deskriptif yakni penjabaran hasil analisis berupa makna ke dalam bentuk narasi agar mudah difahami, dengan partisipan berjumlah 24 orang siswa dan 6 orang guru, menggunakan teknik triangulasi data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis berdasarkan sugiono. Adapun hasil temuan dalam penelitian menunjukkan keadaan setelah mengimplementasikan nilai-nilai religius, anak sudah mulai memiliki tanggung jawab, disiplin dan dapat membedakan hal baik dan buruk. kemudian dalam prosesnya implementasi nilai-nilai religius telah sesuai tahapan maupun strategi, hanya saja perlu ada evaluasi lebih lanjut terkait kemampuan guru dalam mengelola kelas. Selain itu, yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya adalah faktor internal dan eksternal, hal ini harus diperhatian oleh dan orang tua agar lebih a-ware terhadap perkembangan sikap, sifat, akhlak dan karakter anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Anak Usia Dini, Implementasi nilai religius, karakter |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ayu Yuningsih |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:44 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/999 |