Mila Saaadataen, 1701021 (2021) Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Membentuk Perilaku Santri Putri di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).docx - Published Version
Download (206kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (412kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, menyatakan bahwa tujuan diselenggarakannya pendidikan yaitu untuk mengembangkan potensi diri salah satunya pembentukan moral. Usaha untuk pembentukan moral tersebut melalui sebuah proses yang dinamakan dengan pendidikan. Dalam pendidikan baik orang ataun wadah pendidikan yaitu lembaga pendidik. Disini pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal yang sudah sejak dulu bercitra mampu mementuk perilaku dengan sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sistem pendidikan pondok pesantren dalam membentuk perilaku santri putri yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas Bandung Barat. 2) Faktor pendukung dan penghambat sistem pendidikan pondok pesantren dalam membentuk perilaku santri putri. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini melalui cara: 1) observasi, 2) wawancara dengan sesepuh, pimpinan, pengurus dan asatidz, 3) dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pendidikan pondok pesantren dalam membentuk perilaku santri putri yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Falah meliputi tujuan, kurikulum, metode, media dan alat, sarana prasarana dan sistem evaluasi yang digunakan sesuai dengan sistem pondok modern yang didalamnya masih ada sistem pendidikan salafi. 2) Faktor pendukung dalam membentuk perilaku santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah adalah kyai sebagai panutan utama bagi santri, adanya interaksi yang baik antar kyai, pengurus/asatidz dengan santri, solidaritas sesama pengurus, fasilitas yang nyaman, lingkungan pondok pesantren yang aman, proses pembelajaran yang berkualitas, metode yang digunakan dan dari diri santrinya sendiri sebagai seorang yang sedang belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari diri santrinya sendiri, sarana prasarana yang tidak terjaga dengan baik, masyarakat yang tidak mendukung pesantren, orang tua santri yang tidak mendukung dan belum mengerti tradisi atau tata tertib pondok pesantren, pergaulan dengan teman, lingkungan asal santri tersebut, dan media sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Sistem Pendidikan, Pondok pesantren, Perilaku |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 18:32 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 08:12 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/97 |