Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik SDN Cibangban Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Noneng Faridah, 051903007 (2021) Peranan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik SDN Cibangban Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).docx] Text
(Cover).docx

Download (581kB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki kekuatan yang sangat luas karen dapat mencakup berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, seni maupun budaya. perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah dan dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan utama membantu sekolah mencapai tujuan khusus sekolah serta tujuan pendidikan sebagai salah satu penentu mutu hasil pendidikan. tujusn penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strtegi yang diterapkan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar peserta didik. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. guru sangat berperan dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar peserta didik SDN Cibangban, hal ini dapat dilihat dari strategi yang diterapkan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar peserta didik, yaitu (a) memberikan tugas meringkas kepada peserta didik dan diarahkan ke perpustakaan untuk memilih salah satu buku yang akan digunakan dalam mengerjakan tugas tersebut. (b) peserta didik di haruskan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran. (c) mengarahkan peserta didik ke perpustakaan sesuai mata pelajaran. faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar peserta didik SDN Cibangban adalah faktor pendukung: adanya sarana dan prasarana yang memadai yaitu koleksi bahan pustaka yang memadai di perpustakaan SDN Cibangban, hal ini terlihat dari beberapa guru yang menggunakan perpustakaan untuk mencari referensi dan bahan ajar, selain itu perpustakaan dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: peranan guru, pemanfaatan perpustakaan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 20 May 2024 03:52
Last Modified: 20 May 2024 03:52
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item
View Item