Ai Tintin Mulyantini, 1803002 (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 MI Cikarundung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (350kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tercapainya tujuan pendidikan tentunya tidak terlepas dari peranan seorang guru,siswa,masyarakat maupun lembaga terkait lainnya.Banyak pendidik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning merupakan fenomena yang tidak bisa dipungkiri pada proses pembelajaran.Hal demikian sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini, untuk mengetahui motivasi siswa pada kelas 2 MI Cikarundung, untuk mengetahui bagaimana penggunaan model problem based learning pada pembelajaran tematik, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan model problem based Learning. Pendekatan yang digunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil temuan penelitian: Motivasi kelas 2 MI Cikarundung melalui penggunaan problem based learning dalam pembelajaran tematik dapat dilakukan: a.Kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif sehingga interaksi antara guru dengan siswa mampu menciptakan suatu pembelajaran yang akan dicapai.b.Meminta orangtua bekerjasama dengan pihak sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa seperti mameriksa tugas (PR). Penggunaan problem based learning pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: a.Guru menjadi fasilitator mampu membekali siswa dan memberikan kemudahan terhadap siswa dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. b.Guru menggiring pemahaman siswa terhadap suatu konsep memotivasi dalam belajar yang baik dengan tujuan pembelajaran tematik. Faktor pendukung penggunaan problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: a.Kurikulum b.Sarana c.Guru d.Kondisi sekolah e.Motivasi siswa yang positif.Faktor penghambat penggunaan problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: a.Kesulitan memunculkan ide, b.Waktu, c.Perbedaan pemahaman siswa, d.Siswa yang tidak aktif dalam diskusi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Pembelajaran Tematik, Problem Based Learning, Motivasi Siswa |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 02:56 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:53 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/930 |