Ayunda Aulia Fasha, 1803006 (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Tembongsari. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (320kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (627kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki setiap manusia, pendidikan pertama yang didapatkan seorang anak adalah dari orang tua yang di sebut pendidikan informal selanjutnya anak akan melakukan pendidikan formal yaitu di sekolah. Untuk menunjag kegiatan belajar di sekolah maka sekolah memerlukan sarana dan prasarana yang mendukung salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran karena hal itu dapat memicu motivasi belajar pada anak, media pembelajaran juga mempunyai peran penting dalam menyalurkan materi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran, bagaimana motivasi belajar siswa, dan besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran di MI Tembongsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar di MI Tembongsari memiliki pengaruh yang signifikan, dibuktikan dengan hasil uji signifikansi 0,000 dimana lebih kecil dari nilai probabilitasnya yaitu 0,05 yang artinya signifikan dan koefisien determinasi memperoleh hasil 48%. Artinya motivasi belajar siswa di MI Tembongsari 48% dipengaruhi penggunaan media pembelajaran, sementara 52% dipengaruhi faktor lain. Diperoleh hasil thitung > ttabel atau 7,917 > 0,693 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Demikian dengan adanya penelitian ini diharakan dapat memberikan motivasi terhadap guru agar menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung guna meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Media Pembelajaran, Motivasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 07:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:13 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/928 |