Cindy Fraharasti, 1803007 (2022) Pengaruh Media Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Muslimin Sodong Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (325kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (613kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (480kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengembangkan setiap potensi yang dimiliki manusia.Pendidikan salah satunya didapat dalam pendidikan formal yaitu disekolah. Disekolah orang yang bertugas mendidik adalah seorang pendidik.Pendidik harus mempunyai keterampilan dalam menggunakan atau membuat media pembelajaran yang sesuai dan relevan untuk siswa supaya dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pendidik yaitu media video untuk menyampaikan materi yang akan di ajarkan kepada siswa dan media video ini mempunyai peran penting untuk menarik perhatian siswa ketika belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video, minat belajar siswa dan seberapa besar pengaruh media video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Muslimin Sodong.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Muslimin Sodong memiliki pengaruh yang signifikan, dibuktikan dengan hasil uji signifikansi 0.000 dimana lebih kecil dari nilai probabilitasnya yaitu 0.05 yang artinya signifikansi dan koefisien determinasi memperoleh hasil 30.5 %. Artinya minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Muslimin Sodong 30.5 % dipengaruhi penggunaan media video, sementara 69,5% di pengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Diperoleh hasil thitung > ttabel atau 4.774 > 0.552, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Demikian dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap guru agar menggunakan media video saat proses pembelajaran SKI berlangsung guna meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Media Video, Minat Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 06:46 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:19 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/927 |