Penerapan Teknik Halaqoh Dalam Antisipasi Kemalasan Siswa Pada kegiatan Tadarus Al-Quran (Penelitian di MTs Az-Zahra Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat)

Anis Fitriani, 1601006 (2020) Penerapan Teknik Halaqoh Dalam Antisipasi Kemalasan Siswa Pada kegiatan Tadarus Al-Quran (Penelitian di MTs Az-Zahra Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Dengan adanya kegiatan Halaqoh diharapkan mampu menuntun, mengarahkan siswa baik yang mengalami kesulitan maupun yang tidak mengalami kesulitan baik lahir atau batin yang menyangkut kehidupannya di masa kini dan akan datang melalui dorongan dan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Akan tetapi pada kenyataannya para siswa memiliki permasalahan yaitu tentang kemalasan siswa dalam beribadah baik dalam menjalankan shalat lima waktu, Tadarus Al-Quran dan pengajian yang selayaknya diikuti oleh para siswa tingkat Madrasah Tsanawiyah. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Alquran di MTs Az-Zahra. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Alquran di MTs Az-Zahra. 3) Bagaimana hasil penerapan pembelajaran Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Alquran di MTS Az-Zahra. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Alquran di MTS Az-Zahra. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Alquran di MTs Az-Zahra. 3) Untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran Teknik Halaqoh dalam antisipasi kemalasan siswa pada kegiatan Tadarus Al-Quran di MTs Az-Zahra. Metode yang digunakan penulis yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan mengambil lokasi di MTs Az-Zahra Batujajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan secara interaktif dan terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, triangulasi dan verifikasi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, penelitian ini menunjukan bahwa penerapan teknik Halaqoh pada kegiatan Tadarus Alquran siswa meliputi 1) Pembukaan, 2) Apersepsi, 3) Penugasan, 4) Tadarus dan penutup. Sedangkan faktor pendukung adalah 1) Tersedianya sarana Kitab Suci Alquran, 2) Dukungan Kepala Madrasah, 3) Guru dan orang tua 4) Serta mamajemen yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) Siswa tidak menguasai tajwid, 2) Kurang sungguh-sungguh dalam belajar dan 3) Faktor negatif dari media elektronik seperti Televisi dan handphone serta jaringan internet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Penerapan Teknik Halaqoh, Kemalasan Siswa, Tadarus Alquran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 18:25
Last Modified: 01 Apr 2024 05:14
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item
View Item