Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kehidupan Santri Berdasarkan Kitab Akhlakul Mardiyyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas Bandung Barat)

Adi Nasrul Hamzah, 1601002 (2020) Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kehidupan Santri Berdasarkan Kitab Akhlakul Mardiyyah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Akhlakul Mardiyyah, hal ini ditandai dengan kurangnya kesadaran santri dalam pengamalan akhlak di dalam kehidupan sehari-hari. Pokok masalah penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitab akhlakul mardiyyah, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja kandungan dan nilai-nilai Pendidikan dalam kitab Akhlakul Mardiyyah?; dan 2) Bagaimana penerapan nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitab akhlakul mardiyyah di Pondok Pesantren Darul Falah? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosial. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Adapun sumber data penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darul Falah CihampelasaBandung Barat dan Narasumber dewan Asatidz serta Santri Pondok Pesantren Darul Falah Cihampelas Bandung Barat. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara, Dokumentas, dan dilakukan Teknik pengolahan data dengan reduksi data, display data, analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ini menunjukkan bahwa santri yang memahami nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam kitab Akhlakul Mardiyyah dan santri yang tidak memahaminya terlihat sangat berbeda tidak hanya dari segi keilmuan akan tetapi dari tatakrama yang digunakannya sudahlah sangat berbeda. Dengan adanya hal ini dapat timbul kesadaran bagi santri dalam pemahaman serta penerapan nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam kitab Akhlakul Mardiyyah. Bahwasannya 1) Tujuan memahami nilai- nilai Pendidikan akhlak ini yaitu, kita diharuskan bertatakrama yang baik dari sejak kecil, mensyukuri atas semua kenikmatan Allah, urut mengikuti Sunnah Nabi Muhammad, menyayangi kedua orang tua kita dengan sempurna, berbuat baik terhadap saudara dan sesama hamba Allah, menjalin Ukhuwah tali silaturahmi, dan memuliakan seorang guru; dan 2) Penerapan Pendidikan Akhlak dalam kitab Akhlakul Mardiyyah terhadap kehidupan santri sehari hari memberikan kontribusi dalam memperkuat karakter seorang santri di Darul Falah. Santri menjadi lebih baik dalam bertatakrama baik terhadap orang tua, guru, saudara, sahabat, dan orang lain, serta lebih taat dan cinta kepada ajaran Agama Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Al Akhlakul Mardiyyah
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 18:16
Last Modified: 01 Apr 2024 04:53
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item
View Item