Hubungan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi : Mata Pelajaran Fiqih di kelas XII IPS A & B MA Madani Cihampelas Kabupaten Bandung Barat)

Sultan Arif Bijaksana, 1601061 (2020) Hubungan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi : Mata Pelajaran Fiqih di kelas XII IPS A & B MA Madani Cihampelas Kabupaten Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).docx] Text
(Cover).docx - Published Version

Download (49kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Besaran hubungan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa. 2) Besaran kontribusi Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa. 3) Signifikansi hubungan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa. Ahmad Rivai (1991) menyatakan bahwa media pembelajaran membuat bahan pembelajaran dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik. Sedangkan menurut Tulus Tu’u (2004) Prestasi belajar siswa pada inilai aspek kognitif bersangkutan dengan kemampuan siswa dalam pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesa dan evaluasi. Di sisi lain menurut Ahmadi (2014), prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa dengan kemampuan atau potensi dirinya dalam menerima dan memahami materi yang telah di berikan kepadanya atau usaha siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksplanasi. Metodi digunakan untuk menguji hubungan atau pengaruh antar kelas XII A dan kelas XII B MA Madani Cihampelas dengan jumlah siswa kelas A sebanyak 22 orang dan siswa kelas B sebanyak 21 orang sebagai populasi dan diambil sampel 36 siswa. Angket yang diberikan yang diberikan kepada 36 siswa sebanyak 21 butir pertanyaan yang berhubungan dengan media pembelajaran dan yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa menggunakan ceklist data nilai siswa kelas XII A dan B. Temuan hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. hal ini ditunjukan dari hasik perbandingan rhitung ≥ rtabel yaitu 0,344 ≥ 0,329 dengan besaran kontribusi sebesar 3,51 (baik). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hubungan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa siginifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 18:15
Last Modified: 02 Apr 2024 05:54
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item
View Item