Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 1 Bandung Barat Kelas IX

Zahra Amelia Ainunisa, 1901045 (2023) Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 1 Bandung Barat Kelas IX. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketika seorang siswa memiliki minat belajar pada suatu mata pelajaran maka dapat diharapkan prestasi belajar siswa tersebut tinggi. Dan juga prestasi tidak akan tinggi jika siswa tersebut tidak mempunyai minat dalam belajar. Minat siswa terhadap mata pelajaran Fiqih di kelas IX MTsN 1 Bandung Barat menurun dikarenakan fasilitas sekolah kurang memadai yang menyebabkan keadaan kelas kurang kondusif dan guru pada saat menyampaikan materi kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan signifikansi antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTsN 1 Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah korelasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi diambil secara acak. Data dianalisa dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji korelasi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0 for windows. Dari hasil penelitian ini menunjukan uji normalitas diperoleh nilai sebesar 0,052 > 0,05 data tersebut berdistribusi normal. Pada uji linearitas diketahui nilai sig Devition from Linearity sebesar 0,688 > 0,05. Hasil uji pearson correlation sebesar 0,219 nilai tersebut berada pada kriteria hubungan derajat yang rendah yaitu 0,20 - 0,399. Hasil uji hipotesis didapat nilai (Sig.) sebesar 0,003 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari nilai pearsom correlation yang dilakukan pada uji koefisien korelasi, hubungan tersebut mempunyai hubungan yang positif karena memiliki nilai 0,219.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Minat belajar, Prestasi belajar, Pembelajaran Fiqih
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahra Amelia Ainunisa
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:45
Last Modified: 27 Mar 2024 04:13
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item
View Item