Alviah Nahwiah, 1901075 (2023) Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqih Pokok Bahasan Sholat Jama' Dan Qashar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (120kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (786kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat jama’ dan qashar. Solusi untuk masalah ini yaitu, dengan cara menerapkan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat jama, dan qashar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga komponen yaitu reduksi data, Penyajian data dan Penarikan simpulan. Adapun hasil penelitian ini dapat di paparkan atau di simpulkan bahwa implementasi metode demonstrasi dalam pelajaran fiqih pokok bahasan shalat jama’ dan qashar di kelas VII MTs Banuraja Batujajar meliputi: 1) Perencanaan pembelajaran, dimana sebelum melaksanakan implementasi metode demonstrasi dalam pelajaran fiqih pokok bahasan shalat jama’ dan qashar dilakukan beberapa perencanaan yang sudah tersusun, yaitu: dengan cara membuat RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yang disusun secara terstruktur agar tujuan inti pada pembelajaran yang diharapkan tercapai. 2) pelaksanaan pembelajaran, meliputi: langkah-langkah awal pendahuluan dan pengkondisian, ke dua kegiatan inti pembelajaran dan langkah selanjutnya penutupan yang secara umum bisa dikatakan proses pembelajaran telah selesai secara efektif dan efisien. 3) evaluasi pembelajaran, pada tahap evaluasi adanya kendala yaitu keterbatasannya waktu karena menggunakan metode demonstrasi memerlukan waktu yang cukup banyak. Tahap evaluasi pembelajaran ini menggunakan tes yaitu tes secara langsung maupun tes pertanyaan uraian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Implementasi, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alviah Nahwiah |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 00:54 |
Last Modified: | 23 Mar 2024 04:05 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/854 |