Dani Ilyasa, 1901080 (2023) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Takmilyah Awaliyah (MDTA) Al Hidayah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (127kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (605kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (536kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena faktor kurangnya pemberian motivasi belajar oleh Guru PAI kepada peserta didik, kemudian faktor berikutnya yaitu peserta didik itu sendiri yang dimana kurang minat dalam belajar yang membuat Guru PAI susah dalam pemberian motivasi belajar, kemudian juga faktor selanjutnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasu belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Hidayah dan juga tantangan apa saja yang di hadapi oleh guru PAI dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kepada peserta didik. Penelitian ini bertolak dari pandangan (Sudarwan 2002:2) bahwa motivasi diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis, metode ini menempuh pengambilan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. dengan kata lain metode ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian ini kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya, Kemudian dapat disimpulkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar bermacam-macam. Upaya tersebut sudah dilakukan namun tidak terlepas dari hambatan dan tantangan yang dihadapi. 2) Tantangan yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Hidayah ada banyak namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak terlaksananya kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Madrasah Diniyah, Motivasi Belajar,Upaya Guru PAI |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dani Ilyasa |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:55 |
Last Modified: | 23 Mar 2024 06:24 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/841 |