Riyan Nurdiansyah, 1901097 (2023) Penerapan Metode Talaqqi Pada Program Tahfidz Al-Qur'an Juz 30 Dalam Meningkatkan Hafalan Siswa Di MTs Atsauri Sindangkerta. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (148kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
Abstract
Menghafal Alqur’an adalah suatu proses membaca dan mengingat Alqur’an tanpa melihat mushaf. Adanya perintah dari Allah SWT kepada umat Islam untuk selalu memperhatikan Alqur’an sebagai pedoman hidup umat Islam. Alqur’an juga harus dijaga agar keasliannya tidak berubah baik dari segi bacaan, huruf, dan maknanya. Setiap orang memiliki perbedaan baik kelebihan dan kekurangan dalam kemampuan menghafal dan mengingat Alqur’an. Hal tersebut menjadi salah satu alasan diterapkannya metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Alqur’an. Metode talaqqi ini merupakan metode yang digunakan oleh pendidik dengan cara berhadapan langsung dengan peserta didik dengan menyetorkan atau mendengarkan hafalan Alqur’an. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan metode talaqqi pada program tahfidz Alqur’an Juz 30 dalam meningkatkan hafalan siswa di Mts Atsauri sindangkerta, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode talaqqi pada program tahfidz Alqur’an Juz 30 dalam meningkatkan hafalan siswa di Mts Atsauri sindangkerta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode talaqqi pada program tahfidz Alqur’an Juz 30 dalam meningkatkan hafalan siswa di Mts Atsauri sindangkerta dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode talaqqi pada program tahfidz Alqur’an Juz 30 dalam meningkatkan hafalan siswa di Mts Atsauri sindangkerta meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Metode Talaqqi, Hafalan Siswa Penghafal Al-Qur'an |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Riyan Nurdiansyah |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:44 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:07 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/834 |