Implementasi Pembelajaran Sentra Persiapan Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Mutiara Qolbu

Indi Andina, 1902011 (2023) Implementasi Pembelajaran Sentra Persiapan Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Mutiara Qolbu. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Mutiara Qolbu. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pada kognitif anak di RA Mutiara Qolbu. Pembelajaran dengan menggunakan model sentra ini dipilih karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B RA Mutiara Qolbu berjumlah 18 orang anak. implementasi pembelajaran di sentra persiapan untuk perkembangan kognitif anak diadakan setiap seminggu sekali. Proses implementasi di sentra persiapan meliputi pembukaan, menjelaskan cara bermain, memberikan peraturan main, mendampingi kegiatan bermain, mengevaluasi kegiatan main, dan penutup. Objek dari penelitian ini adalah perkembangan kognitif dalam calistung ( membaca, menulis dan berhitung). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mempergunakan deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran sentra persiapan cukup meningkat. Peningkatan dapat dilihat pada hasil kemampuan kognitif anak yang mulai berkembang. Perkembangan kognitif melalui pembelajaran di sentra persiapan ini Sebagian besar dari perkembangan kognitif anak yang telah berkembang seperti memahami perintah, menyebutkan, membedakan huruf dan angka, mengelompokan benda sesuai jenisnya. Membedakan warna dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisis maka saya dapat menyimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak di RA Mutiara Qolbu mulai berkembang (MB), tetapi aturan di sentra persiapan belum sesuai masih ada satu Langkah yang belum di terapkan guru yaitu membebaskan anak memilih satu pekerjaan yang mereka sukai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Aspek kognitif, Sentra Persiapan, implementasi pembelajaran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Indi Andina
Date Deposited: 27 Jan 2024 08:25
Last Modified: 20 Mar 2024 06:30
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item